Polisi lalu lintas saat memeriksa dokumen kendaraan pemotor. Foto: Batamlagi.com

Batam (Batamlagi.com) – Razia tim gabungan Satlantas Polresta Barelang dan Samsat Batuaji berhasil menindak pengendara yang tidak mentaati aturan berlalu lintas. Seperti tidak membawa dokumen kendaraan dan Surat Izin Mengemudi (SIM). Bahkan ada juga pengendara mobil rental yang kedapatan tak memiliki SIM.

“Ada seorang pengendara yang kami tilang, katanya ia merental mobil, tapi sayang dia tak punya SIM. Ini sudah pelanggaran fatal bagi pemilik rental,” ujar Ipda Sofrinal, Kasubnit I Turjawali Satlantas Polresta Barelang kepada wartawan.

Dikatakan Sofrinal, karena tidak memiliki SIM, pengendara mobil itu harus ditilang. Padahal SIM ini syarat yang harus dipenuhi saat merental mobil. Untuk itu, ia mengimbau kepada pemilik rental agar tidak memberikan mobilnya untuk dirental orang yang tak punya SIM.

Ia juga mengimbau, kepada seluruh pengendara, agar selalu melengkapi dokumen kendaraan ataupun SIM. Sebab razia ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

“SIM ataupun STNK kendaraan bukan untuk disimpan di rumah. Tapi harus dibawa. Karena razia bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, selain banyak yang tidak punya SIM, kendaraan di Batuaji dan Sagulung banyak yang mati pajak. Bahkan ada juga kendaraan yang sama sekali tidak memiliki dokumen. Hal ini pun sangat ia sayangkan. Padahal pengurusan SIM cukup mudah.

“Tidak memiliki SIM dan tidak memiliki dokumen kendaraan sudah termasuk dalam pelanggaran lalu lintas. Saya berharap agar pengendara lebih faham aturan berkendara,” pungkasnya.

Pantauan Batamlagi.com, razia kendaraan bermotor juga digelar di depan jalan Edukits, Batamcentre pada Rabu (16/10) pagi hingga siang. Sejumlah kendaraan yang hendak ke arah Engku Putri atau Kantor Pemko Batam diarahkan untuk masuk ke halaman pertokoan tersebut.(bl)