Menko Polhukam Wiranto terjatuh setelah ditusuk pelaku. Foto: Batamlagi.com

Jakarta (Batamlagi.com) – Polisi memastikan pelaku penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto merupakan bagian dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi.

“Sudah bisa dipastikan pelaku termasuk dalam kelompok JAD Bekasi dengan Amirnya Abu Zee,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada CNNIndonesia.com, Kamis (10/10).

Dikatakannya, Abu Zee telah ditangkap pada 23 September lalu bersama delapan orang lainnya, dan satu orang lainnya di wilayah Jakarta Utara.

“Amirnya Abu Zee yang sudah ditangkap tanggal 23 September yang lalu bersama delapan pelaku lainnya, satu orang yang ditangkap di Jakarta Utara,” ujar Dedi.

Sebelumnya, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengklaim telah mengendus rencana kelompok teroris JAD jelang pelantikan Presiden Jokowi-Ma’ruf pada tanggal 19 Oktober nanti.

“Kami sudah mendeteksi menjelang pelantikan memang ada rencana-rencana seperti itu dari JAD, sehingga harus kita tingkatkan kewaspadaan kita,” kata BG di RSPAD, Jakarta, Kamis (10/10), seraya mengatakan, meski telah mendeteksi, aparat kesulitan melacak kepastian rencana aksi, karena JAD bergerak dalam bentuk sel-sel kecil.(bl)