Kantor Gubernur Sumatera Utara di Jalan Pangeran Diponegoro. Di areal parkir kantor gubernur inilah uang Rp1,6 miliar raib. Foto: jpnn

Medan (Batamlagi.com) – Pencuri uang Rp1,6 miliar milik Pemprov Sumatera Utara (Sumut) di parkiran Kantor Gubernur Sumut berhasil dibekuk. Empat orang pelaku dibekuk dan dua pelaku masih buron.

Dilansir dari jpnn, berdasarkan informasi yang diperoleh, keempat tersangka ditangkap di bilangan Pekan Baru, Riau. Mereka adalah Niksar Sitorus (36), warga Desa Parbuluan IV, Dairi, Niko Demos Sihombing (41), warga Jalan Lintas Duri Pekanbaru Kecamatan Bengkalis, Riau, Musa Hardianto Sihombing (22), warga Jalan Lintong Ni Huta, Siborong-Borong, Humbang Hasundutan, dan Indra Haposan Nababan (39), warga Jalan Bringin 9, Medan Helvetia.

Sedangkan dua pelaku lainnya bernama Tukul dan Pandiangan masih dalam pengejaran.

Dalam pemeriksaan kepada petugas, pelaku mengaku jika uang hasil kejahatannya telah dibagi-bagi para pelaku. Dan, pelaku Indra Haposan terpaksa ditembak kakinya karena berusaha melawan dan melarikan diri.

Terkait penangkapan ini, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto belum mau memberikan penjelasan, namun ia membenarkan ditangkapnya pelaku.

“Iya ada beberapa yang ditangkap. Nanti kami ekspose,” ujarnya pasca unjukrasa di DPRD Sumut, Selasa (24/9) malam usai pertemuan di Kodim 0201/BS

Hal senada dikatakan Kapolrestabes Medan, Kombes Dadang Hartanto yang ditemui di lokasi yang sama. “Kami akan segera ekspose,” ucap Dadang.

Seperti diketahui, uang milik BPKAD Pemprov Sumut senilai Rp1,6 miliar hilang dari dalam mobil Toyota Avanza BK 1875 ZC yang diparkirkan pelataran Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro, Medan pada Senin (9/9) sekitar pukul 17.00 WIB.

Uang itu yang merupakan honor kegiatan pegawai itu sebelumnya ditarik dari Bank Sumut Cabang Utama di Jalan Imam Bonjol, Medan oleh dua pegawai BPKAD.

Setibanya di kantor Gubernur, uang tersebut tidak dibawa ke dalam gedung, melainkan ditinggal di dalam mobil. Kedua pegawai itu pergi salat Ashar dan sekaligus melakukan absen pulang. Sekembali ke mobil, lubang kunci mobil sudah dirusak dan uang raib.(bl)